90 thoughts on “Buku Tamu

  1. Assalamualaikum Wr Wb

    Alhamdulillah saya senang sekali menemukan situs ini karena saya dapat menambah ilmu tentang Islam. saya tidak ada komentar untuk situs ini karena menurut saya sudah sangat bagus sekali. hanya saja saya ada pertanyaan, mohon kiranya pengelola dapat memberikan jawaban. apakah ada tuntunan lain dalam situs ini selain tuntunan shalat, wudhu, tayamum dan mandi janabat? saya benar benar ingin menambah ilmu tentang Islam yang menurut saya, saya ini masih kurang pengetahuan tentang Islam.

    Sekian, terima kasih,
    Wassalam..

    Aidi Hidayat

    Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh.

    Terimakasih atas kunjungannya, sebelumnya saya mengharapkan kepada saudara Aidi ketika menulis salam untuk tidak menyingkatnya.
    Blog ini khusus untuk permasalahan sholat dan yang berkaitan dengan sholat namun karena kesibukan saya sementara hanya berisi seperti yang tertulis di menu halaman.

    - abu zalfa -

  2. Assalamualaikum,

    Alhamdulillah semoga Allah subhanahuwata’ala memberikan barokah dan balasan untuk kerja keras akhi Abu zalfa.
    Jazakallah khoiron katsirah.

    Wa’alaikumussalam

    Waiyakum akhi

    - abu zalfa -

  3. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya, kepada saudara bu zalfa, atas bantuan situs ini saya jadi mengerti tata cara sholat, wudhu, tayamum dan janabat, semoga saudara bu zalfa diberi rahmat serta barokah oleh Allah .saw.
    sekian terima kasih

    Wassalam

    Gofar ismail

    Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

    Terima kasih juga kepada Gofar Ismail yang telah mengunjungi blog ini. Ada yang perlu saya luruskan bahwa saya bukan bu zalfa (yang artinya ibu zalfa) tapi yang benar adalah abu zalfa (bapaknya zalfa). Kemudian ada kesalahan pada tulisan di pesan saudara yaitu pada oleh Allah .saw.barangkali yang bapak maksud adalah oleh Allah SWT. (subhanahu wata’ala=yang Maha Suci dan Maha Tinggi), sedangkan SAW (shalallahu ‘alaihi wasalam) adalah sholawat dan salam untuk Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasalam.

    -abu zalfa-

  4. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Nama : Gofar ismail
    Alamat : Jl. platuk 58a Surabaya
    Usia : 23

    sebelumnya saya minta maaf atas kesalahan menulis saya.
    terus kalau boleh saya minta tolong kepada Bapak Abu zalfa, saya pengen banget Pak bisa lebih tau tentang Islam terutama bisa mengaji Al-Quran, sebenarnya didekat rumah saya ada tempat untuk belajar mengaji tetapi saya maluh mau belajar soalnya belajar mengajinya sama anak-anak kecil Pak, terus jadwal belajarnya gak sesuai dengan jadwal saya, soalnya saya kerja dan kulia jadi bisanya hanya sabtu dan minggu Pak, mungkin Bapak Abu zalfa bisa membantu saya untuk mengasi tau dimana saya bisa belajar Ilmu Islam dan mengaji Al-Quran, tentunya disurabaya Pak.

    sekian permohonan saya untuk bisa belajar lebih dalam tentang islam,

    terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Abu zalfa.

    WASSALAM

    Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

    Untuk Kajian Islam di daerah surabaya khusus hari sabtu dan ahad bapak bisa menghadiri di beberapa tempat yang saya ketahui dan untuk informasi lebih banyak bapak bisa menanyakan kepada saudara-saudara di tempat kajian tersebut, tempat kajian tersebut insya Allah di antaranya :

    Setiap sabtu, 05.00 – 06.00 Di Masjid Ibrahim bin Muhammad, Komplek TNI AL Semolowaru Bahari Surabaya oleh Ust Ainul Haris, Lc. CP. Imam taufik 031.5993467 – 081.23210598

    Setiap sabtu, 05.00 – 06.00 Di Masjid Al-Amin, Jl. Semampir Tengah III-A/25 Surabaya oleh Forum Kajian dan Studi Islam (FKSI) Masjid Al-Amin Pembicara : Ustadz Ma’ruf Nursalam, Lc. Materi : Tafsir Ibnu Katsir

    Setiap sabtu, 15.30 – 19.30 (ba’da Ashar sampai Isya’) Di Masjid Al-Falah Jl.Darmo, Surabaya. Pembahasan Fiqih dan Tafsir Ibnu Katsir

    Setiap ahad (ganjil:1,3,5), 18.00 – 19.00 Di Masjid Salman, Jl. Klasi, Kebalen Surabaya. Penceramah: Ust. Aunur Rofiq bin Ghufron.Lc. Materi : kitab Ahkamu al-Janaaiz (karya Muhammad NAshiruddin al-Albani)

    Demikian beberapa jadwal kajian di surabaya yang saya ketahui, mudah-mudahan bermanfaat.

    -abu zalfa-

  5. Tambahan Tentang Cara Sujud Untuk Wanita

    Mengingat kebanyakan orang menyandarkan kepada Imam Syafi’i dan pengikutnya di dalam masalah sujud wanita yang merapatkan tubuhnya ke lengannya, maka saya ada tambahan dari Imam Asy-Syafi’i di kitab Al-Umm Bab باب التجافي في السجود

    Beliau- Imam Syafi’i – mengatakan bahwa:
    1. Cara bersujud yang benar adalah sebagaimana Rasulullah yaitu dengan merenggangkan lengannya dan mengangkat badannya dan perutnya, dll.
    2. Ttg wanita, beliau mengatakan bahwa Allah dan Rasulnya telah mengajarkan adab bagi wanita yaitu untuk menutupi dirinya. Maka dari itu adalah beliau sukai bilamana wanita merapatkan lengannya ke tubuhnya sehingga tertutup semaksimal mungkin bagian dan bentuk tubuhnya. Termasuk menempelkan dengan kedua pahanya. ( ini adalah ijithad beliau – tanpa dalil pasti).
    3. Ttg wanita, beliau juga mengatakan bahwa beliau lebih menyukai bila di dalam sujud, seorang wanita itu memegang jilbabnya dan merentangkannya dengan tangannya dan mengangkat sikunya (sebagaimana Rasulullah) sehingga tertutuplah auratnya dan jilbabnya tidak membentuk tubuhnya.

    Kemudian Imam Asy-Syafi’i mengatakan bahwa kedua cara sujud tersebut bagi para wanita adalah merupakan pilihan (alternatif) yang bisa dipilih oleh para wanita. Yang terpenting adalah bagaimana agar wanita itu tertutup aurat dan badannya dan tidak tersingkap.

    Jadi lihatlah bahwa Imam Asy-Syafi’i tidak se – kaku – yang mereka kira, sehingga menyalahkan wanita yang bersujud seperti Rasulullah. Bahkan Imam Asy-Syafii justru menyukai bila para wanita meniru sujud Rasulullah dengan merentangkan lengannya asal tetap tertutup dengan jilbabnya. Dan tentu saja Jilbab di zaman beliau itu besar-besar. Dan ini bisa dipahami dari perkataan beliau tersebut dengan pernyataan: merentangkan jilbabnya agar tertutup tubuhnya. Jelas ini bukan jilbab pendek!!!

    Berikut saya bawakan kutipannya dari Kitab al-Umm pada Bab tersebut:

    ‏[‏قَالَ الشَّافِعِيُّ‏]‏ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى‏:‏ رَوَى عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي بَكْرٍ عَنْ عَبَّاسِ بْنِ سَهْلٍ عَنْ أَبِي حُمَيْدِ بْنِ سَعْدٍ السَّاعِدِيِّ ‏(‏أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ إذَا سَجَدَ جَافَى بَيْنَ يَدَيْهِ‏)‏ وَرَوَى صَالِحٌ مَوْلَى التَّوْأَمَةِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ‏(‏أَنْ رَسُولَ اللَّهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ إذَا سَجَدَ يُرَى بَيَاضُ إبْطَيْهِ مِمَّا يُجَافِي بَدَنَهُ‏)‏ أَخْبَرَنَا الرَّبِيعُ قَالَ أَخْبَرَنَا الشَّافِعِيُّ قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ دَاوُد بْنِ قَيْسِ الْفَرَّاءِ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَقْرَمَ الْخُزَاعِيِّ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ ‏(‏رَأَيْت رَسُولَ اللَّهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- بِالْقَاعِ مِنْ نَمِرَةَ، أَوْ النَّمِرَةِ شَكَّ الرَّبِيعُ سَاجِدًا فَرَأَيْت بَيَاضَ إبْطَيْهِ‏)‏‏.‏

    [‏قَالَ الشَّافِعِيُّ‏]‏‏:‏ وَهَكَذَا أُحِبُّ لِلسَّاجِدِ أَنْ يَكُونَ مُتَخَوِّيًا وَالتَّخْوِيَةُ أَنْ يَرْفَعَ صَدْرَهُ عَنْ فَخِذَيْهِ وَأَنْ يُجَافِي مِرْفَقَيْهِ وَذِرَاعَيْهِ عَنْ جَنْبَيْهِ حَتَّى إذَا لَمْ يَكُنْ عَلَيْهِ مَا يَسْتُرُ تَحْتَ مَنْكِبَيْهِ رَأَيْت عُفْرَةَ إبْطَيْهِ وَلاَ يُلْصِقُ إحْدَى رُكْبَتَيْهِ بِالْأُخْرَى وَيُجَافِي رِجْلَيْهِ وَيَرْفَعُ ظَهْرَهُ وَلاَ يَحْدَوْدِبُ وَلَكِنَّهُ يَرْفَعُهُ كَمَا وَصَفْت غَيْرَ أَنْ يَعْمِدَ رَفْعَ وَسَطِهِ عَنْ أَسْفَلِهِ وَأَعْلاَهُ‏.‏

    [‏قَالَ الشَّافِعِيُّ‏]‏‏:‏ وَقَدْ أَدَّبَ اللَّهُ تَعَالَى النِّسَاءَ بِالِاسْتِتَارِ وَأَدَّبَهُنَّ بِذَلِكَ رَسُولُهُ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- وَأُحِبُّ لِلْمَرْأَةِ فِي السُّجُودِ أَنْ تَضُمَّ بَعْضَهَا إلَى بَعْضٍ وَتُلْصِقَ بَطْنَهَا بِفَخِذَيْهَا وَتَسْجُدَ كَأَسْتَرِ مَا يَكُونُ لَهَا وَهَكَذَا أُحِبُّ لَهَا فِي الرُّكُوعِ وَالْجُلُوسِ وَجَمِيعِ الصَّلاَةِ أَنْ تَكُونَ فِيهَا كَأَسْتَرِ مَا يَكُونُ لَهَا وَأُحِبُّ أَنْ تَكْفِتَ جِلْبَابَهَا وَتُجَافِيَهُ رَاكِعَةً وَسَاجِدَةً عَلَيْهَا لِئَلَّا تَصِفَهَا ثِيَابُهَا‏.‏
    ‏[‏قَالَ الشَّافِعِيُّ‏]‏‏:‏ فَكُلُّ مَا وَصَفْت اخْتِيَارٌ لَهُمَا كَيْفَمَا جَاءَا مَعًا بِالسُّجُودِ وَالرُّكُوعِ أَجْزَأَهُمَا إذَا لَمْ يُكْشَفْ شَيْءٌ مِنْهُمَا‏.

    Syukran ya akhi atas tambahannya, semoga bermanfaat.
    Barakallahu fiik.

    -abu zalfa-

  6. Assalamu’alaikum
    bermanfaat sekali,ijin mengcopy ya mas untuk menambah ilmu dan berbagi pada yang belum tahu.
    semoga Allah SWT Membalasnya..

    Wa’alaikumussalam warohmatullah

    Silahkan mas…
    Barokallahu fiik.

    - abu zalfa -

  7. assalamu ‘alaikum

    jazakallahu khairon katsiro
    saya print tuntutan sholat dari blog antum dan
    saya bagikan ke teman2. insya Allah bermanfaat

    wa’alaikumussalam

    Tafadhol akh, mudah-mudahan bermanfaat

    - abu zalfa -

  8. Assalamualaikum Wr Wb

    Alhamdulillah saya senang sekali menemukan web ini
    ini ketika saya sedang memeriksa mail di ym disitu ada yang menanyakan tentang sujud untuk lebih jelasnya supaya buka sitis ini dan kemudian saya buka … saya sangat berterima kasih ata spenjelasanya lengkap dengan gambar2nya .. kemudian saya tulis di buku tamu ini

    Sekian, terima kasih,
    Wassalam..

    Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

    Alhamdulillah, saya juga senang akh, antum menyempatkan mengisi buku tamu.

    - abu zalfa -

  9. Assalamu’alaykum…
    terima kasih untuk ilmunya,
    insyaAllah akan saya amalkan.
    semoga Allah memberi petunjuk kepada saya, amin.
    jika tidak keberatan akan saya sebarkan dan bagikan ilmu kepada yang lain.

    Wa’alaikumussalam warohmatullah…

    Silahkan mas, kalau mau sebarkan.

    -abu zalfa-

  10. Assalamu Alaikum wr. wb.
    situs ini bagus

    Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

    Terima kasih atas kunjungannnya

    -abu zalfa-

  11. Apakah sholat bisa di Kodo, apa dasarnya

    Kalau yang di maksud mengkodho’ sholat seperti halnya puasa (misal karena haid/nifas atau karena sakit) maka tidak ada khodo’ untuk itu, yaitu berdasar hadits Aisyah: “Kami haid pada masa Rosululloh, maka kami diperintahkan mengqodho’ puasa dan tidak diperintahkan mengqodho’ sholat.” (HR. Bukhori).

    Tetapi jika yang di maksud mengkodho’ karena terlupa atau tertidur maka untuk yang demikian ada kodho’nya berdasarkan hadits berikut: “Artinya : Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, dia berkata. ‘Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berrsabda, ‘Barangsiapa lupa shalat, hendaklah dia mengerjakannya ketika mengingatnya, tiada kafarat baginya kecuali yang demikian itu’. Lalu beliau membaca firman Allah. ‘Dan, dirikanlah shalat untuk mengingat-Ku’”.

    Dalam riwayat Muslim disebutkan “Barangsiapa lupa shalat atau tertidur sehingga tidak mengerjakannya, maka kafaratnya ialah mengerjakannya selagi mengingatnya”

    Wallahu ta’ala a’lam
    - abu zalfa -

  12. Assalamu’alaikum,
    saya cukup senang dengan adanya situs ini karena bisa bermanfaat bagi anak” kami untuk bisa lebih menyempurnakan cara Sholatnya,
    Wassalam…
    Yoyok Surabaya

    Wa’alaikumussalam warohmatullah,
    Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

    -abu zalfa-

  13. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Semoga situs ini bisa senantiasa istiqomah dan ikhlas membagikan ilmunya kepada umat yang fakir seperti ana.

    Jazakallah khoiron katsirah

    Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh
    Amiin.. doakan kami agar selalu istiqomah dan ikhlas.

    -abu zalfa-

  14. ASALAMU’ALAIKUM WARAHMATULALAHI WABAROKATUH salam kenal dari aku semoga dg adanya situs ini makin memperjelas aturan aturan dlm sholat..aku ucapkan beribu terima kasih..atas tuntunannya..satu pertanyaan…bisakah kita taklid pada tuntunan lewat internet ? Mohon maaf..Wasalam

    Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh
    Taklid kepada siapapun (kecuali: Rasulullah) tidaklah di benarkan, tapi lihatlah dalilnya.
    Taklid boleh dilakukan ketika kita tidak mampu menelaah suatu dalil, tapi kita punya kewajiban untuk belajar.

    Wallahu a’lam
    -abu zalfa-

  15. Asalamualaikum warahmatulohi wabarokatuh nanya ni soal qunut dan tidak qunut wasalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh
    Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

    Tentang qunut subuh silahkan di baca di sini

    -abu zalfa-

  16. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.pertama saya haturkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 syawal 1430 H.wabil khusus buat sdr Abu zalfa..dan buat semua pengunjung web ini.mohon ma’af lahir bathin..ada satu yg ingin ana tau lebih jauh apa dan bagaimana yg dimaksud sholat khauf..? Wasalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

  17. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    blog ini sangat bermanfaat bagi saya yang lagi belajar sholat, mudah-mudahan semua blogger dan yang lainnya membaca tuntunan sholat ini.

    semoga amal sholat kita diterima oleh Allah SWT.

    saya mau minta ijin untuk mengcopy tuntunan sholatnya, nuhun.

    Wasalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

    Alhamdulillah jika blog tuntunan sholat ini bermanfaat, silahkan jika mau di copy.

    -abu zalfa-

  18. assalamualaikum warohmatullohi wabarokatu

    terimkasi atas infarmasinya. saya menanyakan apa hukumnya setelah sholat lalu berzikir bersama dan do’a bersama… wasalam

    Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

    Tentang hukumnya setelah sholat lalu berzikir bersama dan do’a bersama, silahkan baca di sini.

    - abu zalfa -

  19. Assalamu’alaikum waraohmatullahi wabarokatuh..
    Terima kasih atas infonya,ijin untuk ngeprint.Ditunggu infonya tuntunan untuk wanita,dan tentang sholat-sholat sunah.Wassalamu’alaikum..

    Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

    Tafadhol…

    -abu zalfa-

  20. Assalamualaikum Warohmatullahi wabarakatuh

    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas adany situs ini, jadi terbantu dalam mencari artikel untuk adik d rumah mengenai tuntunan shalat. Maka dari itu, saya minta ijin tuk mengcopy, oh ya akh tuk penjelasan sholat2 sunnahny,gmn?

    Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

    Sama-sama akh, tafadhol kalau mau mengcopy.
    Untuk sholat sunnah insya Allah menyusul.

    -abu zalfa-

  21. ASSALAMU`LAIKUM WR.WB

    SAYA MAU BERTANYA USTAZD.. BAGAIMANA HUKUMNYA BATAL ATAU TIDAK.KETIKA SHOLAT DISENTUH OLEH YANG BUKAN MUHRIM ?. TERM KASIH

    Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

    Untuk permasalahan ini silahkan baca di sini

    - abu zalfa -

  22. Asalamualaikum,pak kalau sholat qodo niatnya bagai mana? Terima kasih. Wasalamualaikum.

    Wa’alaikumussalam warohmatullah..
    Anda niatkan dalam hati untuk melakukan sholat dengan di qodo, karena tidak ada keterangan tentang lafaz niat sholat dari Rasulullah sholallahu ‘alaihi wasalam. Tentang Melafazkan niat sebelum sholat lihat di sini

    - abu zalfa –

  23. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh,

    Saya ingin bertanya, di dalam tuntunan sholat di dalam website ini, doa iftitah sepertinya ada yang berbeda antara tulisan arab dengan tulisan indonesia (hilang kata-kata KHATHAAYAAYA) apakah artinya sama saja atau berbeda?

    Terima kasih.

    Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

    Terima kasih atas pemberitahuannya pak, ada kalimat yang kurang dalam melatinkan tulisan arabnya.
    Untuk berhati-hati jatuh dalam kesalahan dalam menghafal doa, selalu gunakan teks arabnya.
    Teks latin hanya untuk yang belum bisa membaca tulisan arab (misal mualaf, dll.).

    - abu zalfa -

  24. assalamualaikum’
    ijinkan saya memasang link blog ustadz
    trimaksh

    Wa’alaikumusssalam warohmatullah…,
    tafadhol akh….

    - abu zalfa -

  25. Assalammu’alaikum,Akhi…

    Takbir intiqal itu
    dibaca di tengah-tengah bacanya ? Kalau bangkit dari sujud sudah angkat kepala takbirnya, kalau sesudah rabbanawalakalhamdu harus ketika sambil bungkuk turun sujud baca takbirnya, kalau bangkit dari duduk sambil ketika bangkit yaitu ketika sudah duduk lalu tangan bertumpu ke tanah di situ takbirnya, kalau dari duduk ke sujud ketika sesudah baca doa duduk lalu ketika bungkuk akan sujud baca takbirnya. Dan takbirnya itu tidak dipanjangkan ?
    Atau………..
    ketika solat pada rukun bangkit dari sujud,
    baca takbirnya itu pada saat sujud juga ? Juga ketika sesudah baca tahmid (rabbanawalakalhamdu), saya baca takbirnya ketika
    sesudah baca tahmid dalam keadaan masih berdiri juga, belum membungkukan
    badan ? Takbir ketika setelah duduk pun ketika masih duduk belum membungkuk atau belum bangkit alias takbirnya masih dalam keadaan duduk ?
    Atau……
    Dipanjangkan, misalkan mulai dari sesudah baca rabbana walakalhamdu sampai sujud, kata imam namawi itu pun kata teman saya dalam kitabnya, katanya takbir intiqal itu sampai BAR nya sampai akhir, sampai sujud atau sampai bangkit berdiri ?

    Di Fatwa Syeikh Albani yang saya habis download,
    Masalah : Kapan takbir ketika hendak sujud dan bangkit
    dari sujud.
    Pendapat Syaikh al-Albani:
    Abu Hurairah ra bahwa: “Nabi saw apabila hendak sujud,
    Rasulullah saw bertakbir kemudian sujud, dan apabila hendak bangkit
    dari duduk beliau bertakbir lalu bangkit. “55
    Hadits ini merupakan nash yang jelas, bahwa yang disunahkan
    adalah bertakbir lalu sujud. Dan juga bertakbir dalam posisi duduk
    lalu bangkit. Hadits ini juga sebagai bantahan terhadap apa yang
    dilakukan sebagian orang-orang bertaklid dimana ia memanjangkan
    takbir sejak dari duduk hingga berdiri
    ash-Shahihah (II/155).

    Pertanyaannya : Ini berarti Ketika akan sujud yaitu ketika posisi masih berdiri itidal sesudah membaca Robbana walakalhamdu setelah itu baca takbir begitu ( masih dalam keadaan berdiri itidal baca takbirnya ) ?

    Jadi, pilihannya yang benar yang mana sesuai hadis ?
    Karena, saya cari di search engine di situs ini belum ada tulisan mengenai takbir intiqal. Kalau bisa dimuat mengenai waktu takbir intiqal ini ?

    Syukron,

  26. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh,
    Saya ingin menyempurnakan sholat saya,tapi tidak ada panduan.Memang ditoko buku banyak sekali,saya kurang puas.Barangkali ustazd mau membagi e book untuk saya,lewat e-mail saya.Atas kemurahan hatinya saya ucapkan terima kasih.Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh.

  27. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Kami ada pertanyaan yakni :
    Bila kita menyusul sholat berjamaah 4 rokaat ,tapi kita ikutnya sdah rakaat terakhir,kemudian kita meneruskan sholat tsb apakah kita nanti setelah satu rakaat ,kta langsung ke tahiyat awal,atau tahiyat awal tsb. kalau kita sudah mengerjakan sholat setelah dua rakaat, terima kasih.
    Wasalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  28. sangat bagus sekali Blog ini , pagi kita,….meskipun sholat kita kerjakan setiap hari , tapi ada kalanya kita kadang tidak paham apa yg. kita kerjakan, sehingga ketidak pahaman ini bisa tertolong dengan blog ini, semoga yg kiita kerjakan dinilai sebagai amalan ibada yang baik…aminnn,

  29. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Mohon penjelasannya, bila kita bepergian jam 2 siang kemudian terjebak macet sampai habis waktu shalat ashar, padahal biasanya masih bisa shalat sampai tempat tujuan, apakah shalat asharnya boleh dikodho’ terima kasih.

    Wasalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    • Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

      Dalam kondisi yang saudari sampaikan, tidak boleh mengqodho’ sholat ashar. Yang benar jika dalam kondisi seperti itu adalah sholat pada waktunya sesuai dengan kemampuan, atau jika bisa memperkirakan sebelum berangkat bahwa nanti sampai tujuan telah lewat waktu ashar yaitu dengan menjama’nya di waktu dhuhur

      Qhodo’ sholat berlaku untuk yang lupa atau tertidur, “Barangsiapa yang lupa mengerjakan shalat atau ketiduran, maka kafarohnya (penebusnya) adalah hendaklah ia shalat ketika ia ingat.” (HR. Muslim no. 684). Wallahu a’lam

      - abu zalfa -

  30. Di Fatwa Syeikh Albani yang saya habis download,
    Masalah : Kapan takbir ketika hendak sujud dan bangkit
    dari sujud.
    Pendapat Syaikh al-Albani:
    Abu Hurairah ra bahwa: “Nabi saw apabila hendak sujud,
    Rasulullah saw bertakbir kemudian sujud, dan apabila hendak bangkit
    dari duduk beliau bertakbir lalu bangkit. “55
    Hadits ini merupakan nash yang jelas, bahwa yang disunahkan
    adalah bertakbir lalu sujud. Dan juga bertakbir dalam posisi duduk
    lalu bangkit. Hadits ini juga sebagai bantahan terhadap apa yang
    dilakukan sebagian orang-orang bertaklid dimana ia memanjangkan
    takbir sejak dari duduk hingga berdiri
    ash-Shahihah (II/155).

    Pertanyaannya : Apakah fatwa syeikh albani ini bisa dipakai ? Jadi, maksud hendak itu, belum melakukan, atau sudah melakukan ?

    Jadi, takbir intiqal sesuai syeikh albani, ketika sujud sesudah baca tasbih lalu langsung baca takbir, baru bangkit, begitu ? Begitu juga ketika turun untuk sujud, sesudah baca rabbanwalakalhamdu langsung baca takbir, baru setelah itu turun. (Jadi tidak bersamaan ketika turun sambil baca takbir). Kecuali, ketika sami’allahuliman hamidah, itu bersamaan dg kita bangkit dibacanya, (karena kan sami’allah…itu bukan bacaan takbir intiqal ?)

    Jadi, pilihannya yang benar yang mana sesuai hadis ?

    Syukron,

  31. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
    alhamdulillah saya menemukan situs ini, tentang sholat taubat lengkapkok sepertinya belum ada ya ? tolong saya di email tentang sholat taubat lengkap ( tuntunan, riwayat, doa, dll) sebelumnya terima kasih.
    Wasalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  32. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

    Salam ta’aruf ya Akhi, senang sekali rasanya saya bisa bertamu di forum ini, semoga kita (Akhi, saya dan tamu yg lain) selalu dalam limpahan kasih sayang Allah dan RasulNya. Amiin

    Izin bertanya Akhi,
    Saya setiap hari pulang kerja sore hari, dimana setip harinya saya selalu tertinggal waktu shalat maghrib,, “pertanyaan saya, apakah boleh meng’Qhodo atau menjamak shalat tsb setiap hari” kecuali sabtu dan minggu karena saya libur kerja.

    mohon penjelasanya Akhi, semoga Allah SWT membalas dengan RahmatNya pd Akhi.
    Jazakallah khairun katsiro
    Wasslamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

    • Wa’alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

      Salam ta’aruf juga, “Maka bertakwalah kalian kepada Allah menurut kesanggupan kalian dan dengarlah serta taatlah.” (At-Taghabun: 16). untuk lebih jelasnya silahkan menanyakan langsung kepada para asatids pada saat kajian, wallahu ta’ala a’lam

      - abu zalfa -

    • Wa’alaikumussalam warohmatullah

      Maksudnya isyarat jari telunjuk saat tasyahud yaitu gerakan jari telunjuk saat seorang melakukan sholat pada posisi tasyahud/tahiyat

      -abu zalfa-

  33. assalmu’alaikum abu zalfa

    sy mau tanya kok kadang setiap sy sholat sy sering menjumpai jamaah ketika tahiyat akhir.telunjuk tangannya di goyang2. apahkah pada waktu rosuallah sholat demikian tangannya digoyang2 tolong abu zalfa dijelaskan karena sy sungguh tidak nyaman melihat seperti ini…trimk

  34. assalamu’alaiku warohmatullahi wabarokatuh.
    Alhamdulillah penjelasan solat nya sangan bermanpa’at buat saya.
    Yg mana saya masih banyak kekurangan dalam pemahaman cara sholat yg benar.
    Dalm ksemptan ini saya mau bertanya tentang niat yg di ucap kan sblum takbirotul ikhrom.
    Conto. Usoli pardo subhi roka’taini pardo lillahi ta’ala. (mohon ma’ap jika ada kesalahan dlm menulis..!) saya kurang penjelasan dalam hal itu ustad. Dan say sngat ingn tau ucapan niat untuk meng kodo dan jama. Terimakasih. Wsalam feby 19 th tasik malaya.

  35. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Kepada yang terhormat Bapak Abu Zalfah,dengan sangat rendah hati saya mohon agar tuntunan sholatnya dilengkapi dengan bacaan dan terjemahannya.sekian terima kasih. Wassalmu’alaikum.

  36. Assalamualaikum,
    Subhanalloh, alhamdulillah dengan hidayah dari Alloh saya menemukan situs ini, dari dulu saya ingin mencari bacaan-bacaan sholat fardhu yang lengkap menurut sumbernya. Masih belum mantab dengan yang sekarang. Ternyata saya temukan disini..

    Jazakumullohu Katsiron Bapak Abu Zalfah..

  37. Salam salim jazakumulloh.
    salam parseduluran.salam kpd pengunjung blog ini.
    mohon ijin nyimak semoga bermanfaat.
    amin.
    trima kasih,,,

  38. Assalamu’alaikum

    Saya mau tanya mengenai masalah niat. Niat itu di dalam hati dan tidak di lafadzkan. Lalu bagaimanakah proses niat itu sendiri, apakah harus membacanya didalam hati? Atau dengan bersengaja ingin melakukan sesuatu (cth. Wudlu) tanpa membaca apapun didalam hati, sudah termasuk berniat?
    Apakah bisa dibantu atas ketidaktahuan saya dalam hal ini?
    Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum.
    Adnan

    • Wa’alaikumussalam warohmatullah, niat itu adalah keinginan untuk melakukan sesuatu

      Syarat sah sholat harus ada niat, niat yang dimaksud adalah niat untuk melaksanakan sholat dan ikhlas karena Allah, termasuk sholat apa yang akan dikerjakan

      Orang yang mengerjakan sholat dan dia sadar, pasti ada niat untuk mengerjakannya, tetapi belum tentu ada niat ikhlas karena Allah, dan keikhlasan bukan di lisan tapi di hati

      Wallahu a’lam

  39. Assalamu’alaikum wr.wb..
    Kepada pemilik blog saya ucapkan terima kasih saya telah kopas untuk pembelajaran untuk anak-anak ku semoga Saudara selalu dirakhmati Allah..amin…

    Wassalam

  40. assalamu’alaikum ustd:

    mohon ijin copas ilmu2nya ustd,insyaallah bermanfaat untuk kita semua yang ingin mengikuti sunah rasul dan petunjuk allah swt.
    aminn…

  41. Assalamualaikum,

    Tuntunan sholat di sini sangatlah bermanfaat. Semoga bermanfaat bagi sahabat muslimah.

    Bagi sahabat muslimah yang ingin beribadah dengan nyaman, silahkan memilih Mukena Cantik Meidiani sebagai sahabat ibadah Anda.

    Terimakasih kepada yth Admin yang telah memberikan kesempatan kepada kami.

    Wassalam

  42. Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarokatuh,
    Saya Mengapresiasi blog ini, dmna kontens nya tentang islami dan iklan2 nya juga tdak ada yg ngatif.
    smoga kontens yang sdah termuat di atas bsa mnambah ilmu kita n hrapan kpda akhi bloger smoga dpat mnambah kontens nya lagi. mengingat penting nya pngetahuan akan ibadah.
    akhirul kalam, billahi taufik walhidayah wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

  43. Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarokatuh,

    Jazakallahu khairon katsiro..
    Mohon izin untuk saya print dan copas, boleh ya pak..? Sangat membantu sekali untuk memperbaiki tata cara sholat saya agar lebih sempurna dalam beribadah..
    Terimakasih..
    Wassalamu’alaikum…

    -rinnie-

  44. Terimakasih bang Abu Zalfa,Alhamdulillah di saat sy sedang bingung mencari tuntunan sholat yg sesuai sunnah,akhirnya sy menemukannya di sini. Terimakasih ini sangat membantu sekali.

  45. assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh.
    baarakallahu fiikum. semoga Allah memberikan berkah atas usaha yang antum lakukan ini.

    jazakumullah khairan

  46. ada beberapa kitab yang membahas tentang sifat shalat nabi bahkan lebih mendetail dari yang penulis coba terangkan, coba cari referensi yang lebih banyak lagi sehingga penulis tidak gampang untuk membuat kesimpulan tentang hukum-hukum shalat..,

  47. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ’
    Terimakasi atas situs ini. Sngat membatu saya untuk mendalami sholat
    Waa’alaikumusallam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s